Hindari Cara Memakai Masker Hidung Yang Ternyata Salah!

Masker hidung akan menjadi salah satu alat paling dibutuhkan oleh kita semua di waktu sekarang, dimana masa pandemi virus corona masih tetap berlangsung dan belum bisa diatasi sampai sekarang ini maka masker hidunglah yang akan menjadi pelindung kita ketika harus berada di luar demi keperluan penting. Sebenarnya tidak harus ketika ada virus ini saja barulah rutin menggunakan masker hidung ini, melainkan alat ini berguna untuk menghadapi polusi udara atau berada di tempat umum lainnya guna untuk tidak tertular penyakit nantinya.

Menggunakan masker hidung itu juga punya tata cara yang benar dan tidak sembarangan dipakai begitu saja oleh kita karena jika salah dalam memakainya maka proteksi dari alat ini jadi tidak berguna atau sia-sia saja dipakai. Di zaman ini masih banyak saja yang lalai dalam menggunakan masker hidungnya, maka perhatikan beberapa hal ini agar tidak salah lagi ya.

1. Tidak mengganti maskernya padahal itu merupakan sekali pakai saja

Salah satu kesalahan paling umum terjadi adalah penggunaan masker hidung secara berulang-ulang oleh banyak orang padahal jenis maskernya adalah 1 kali pemakaian saja namun tetap digunakan secara berulang kali. Alasannya bisa seperti “ini masih terlihat bersih dan bisa digunakan kembali”, jika pemikiranmu begitu maka sudah salah besar karena adanya virus yang sudah melekat tidak dapat dilihat oleh mata kita ini, jadi sebagai bentuk waspada tetap ganti masker hidungmu dan jangan digunakan lagi berkali-kali.

2. Masker Re-usable tapi tetap saja tidak dibersihkan

Kali ini adalah masker yang memang merupakan jenis pakai ulang, namun tetap saja orang-orang salah dalam menggunakannya yaitu digunakan tanpa dibersihkan sehingga dibiarkan sudah terlalu kotor, jangan heran kalau bahan proteksi diri ini justru jadi benda yang merusak kesehatan kamu nantinya ya. Sebagai cara yang benar menggunakan masker hidung tipe ini tetap cuci atau bersihkan saja langsung usai dipakai dan apabila sudah terlihat kotor alangkah lebih baik menggantinya saja dengan yang baru.

3. Memakai masker seperti buat gaya-gayaan saja

Masker hidung itu tentu kita pakai dengan benar setiap waktu saat berada di luar, namun pasti sering kita lihat orang lain justru menggunakan masker dengan cara tidak benar seperti dibuka dan diletakkan di bawah dagu sambil kedua tali masker tetap menggantung pada telinga, sebenarnya tujuannya buat apa begitu? bukankah lebih baik tidak menggenakan masker sama sekali saja jika hanya untuk tetap terbuka begitu bukan? maka tetap gunakan dengan benar masker hidungmu demi keamanan diri masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *