Point Penting Dalam Memilih Teman Dan Lingkungan Pergaulan

Point Penting Dalam Memilih Teman Dan Lingkungan Pergaulan

Berteman adalah salah satu kegiatan sosial yang semua orang butuhkan. Karena manusia adalah makhluk sosial. Dan pada dasarnya semua orang adalah makhluk sosial. Sehingga semua orang membutuhkan interaksi dengan orang lain, dan menjalin atau menciptakan hubungan dengan orang lain dan membentuk pertemanan. Dan ada yang menciptakan pertemanan yang lebih nyaman dengan 1-2 orang saja. Atau ada juga yang senang dengan membuat satu kelompok pertemanan yang ramai.

Teman Yang Memiliki Pengaruh Positif

Saat memilih teman kalian bisa memilih mana yang memberikan pengaruh positif pada anda. Mencari teman yang asik mudah, dan teman asik itu banyak sekali. Tapi teman yang asik dan bisa memberikan dampak positif bagi anda, berteman tulus, itu sangat jarang. Karena banyak teman yang sekarang berteman karena ada apa-apanya. Bukan apa adanya. Jadi pintar-pintar lah memilih teman. Dan jika kalian bingung apakah orang ini memberikan dampak positif kepada anda atau tidak, anda dapat mencoba bertanya pada orang sekitar anda, kira-kira selama anda berteman dengan orang itu, anda menjadi seseorang yang bagaimana? apakan ada perubahan? jika ada, apakah ke arah yang negatif atau positif? apakah anda semakin produktif dan menjadi pribadi lebih baik atau malah menjadi toxic?

Fokuskan Kepada Kualitas Daripada Kuantitas

Saat anda berteman sebaiknya anda fokuskan kepada kualitas teman anda. Memiliki teman yang sedikit tapi berkualitas ini akan jauh lebih baik daripada memiliki teman yang banyak, tapi hanya memberikan dampak negatif pada anda, dan cenderung membuat anda rugi. Memang berteman bukan soal untung rugi. Tapi anda juga perlu mempertimbangkan teman yang bisa memberikan anda pengalaman lebih baik, menjadi pribadi lebih baik dan produktif, dan begitu pun anda kepada orang tersebut, anda juga memberikan feedback yang baik baginya. Teman mudah dicari. Mudah sekali. Mungkin memiliki banyak teman dan hanya sekedar kenal mungkin okey saja. Kalaupun dia seseorang yang memberikan pengaruh buruk pada anda, tapi anda terlanjur berteman dengannya, ya sudah. Tapi berikan batasan. Sekedar sapa say hello it’s okey. Tapi jangan sampai anda menghabiskan waktu yang banyak dengan orang itu.