Tidak Ada Gunanya Jika Kalian Hanya Meratapi Dan Menyesali Kesalahan Yang Sudah Kita Perbuat

Tidak Ada Gunanya Jika Kalian Hanya Meratapi Dan Menyesali Kesalahan Yang Sudah Kita Perbuat

Dalam hidup, semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Baik itu kesalahan kecil atau kesalahan yang besar. Semua akan mengalami hal tersebut, semua orang nantinya akan melalui fase tersebut. Dan kalian akan merasakan penyesalan yang amat di dalam hidup. Dan wajar jika kalian kadang dihantui dengan rasa menyesal. Sehingga membuat kita kadang harus berhenti sejenak, dan memikirkan kesalahan-kesalahan yang sudah kita lakukan. Dan kadang juga di saat yang bersamaan kita berpikir dan berandai-andai. Coba seandainya kalian bisa mengulang kembali waktu. 

Tidak Ada Gunanya Jika Kalian Hanya Meratapi Dan Menyesali Kesalahan Yang Sudah Kita Perbuat

Berpikir seandainya Tuhan memberikan kesempatan untuk kembali pada masa lalu. Maka kita akan kembali pada masa saat kita melakukan kesalahan itu. Dan kita akan memperbaiki sikap serta apa yang sudah kita lakukan. Sehingga kita akan merasa jauh lebih baik, dan tidak akan ada rasa penyesalan di kemudian hari. Tapi ya, itu semua hanya akan sampai di angan dan harapan saja. Faktanya kita tidak akan pernah bisa mengulang waktu. Kita tidak bisa memutar kembali waktu dan mengubah hal yang sudah pernah kita lakukan. 

Yang bisa kita lakukan adalah menerima keadaan. Berdamai dengan diri kita dan masa lalu kita. Dan jadikan masa lalu tersebut adalah pembelajaran untukmu. Dan dari masa lalu itu, kalian bisa tahu apa kekurangan kalian, kesalahan yang kalian pernah lakukan, hendaklah tidak kalian ulangi di masa yang akan datang. Karena jika kalian hanya diam, meratapi dan menyesali kesalahan yang sudah terjadi, dan larut akan kesedihan tersebut. Maka kita tidak akan pernah bisa bangkit. Kita hanya akan menjadi manusia yang penuh kesedihan dan itu semua tidak akan membuat keadaan membaik. 

Dan mau sampai kapan kalian akan bersikap seperti itu? Jadilah dewasa, jadilah kuat. Dan lakukan yang terbaik di kedepan. Move on. Lakukan pergerakan, lakukan sesuatu. Jangan hanya berdiam diri, dan do nothing. Belajar dari masa lalu. Dan lakukan yang terbaik semaksimal mu sekarang, dan di masa yang akan datang. Sehingga kalian tidak akan merasakan penyesalan yang sudah-sudah.